LUXURY LIVING

Olahraga dan Manfaatnya untuk Cegah Virus Corona

Olahraga di rumah menjadi opsi paling bijak, di saat gym dan pusat olahraga tutup karena merebaknya virus corona (Covid-19). Sebab, peneliti menyatakan bahwa gym menjadi salah satu tempat penyebaran virus corona.

Olahraga di rumah juga bisa menjadi upaya social distancing atau menjaga jarak, supaya penyebaran virus corona tidak semakin meluas.

Sambil menunggu gym favorit Anda buka kembali, menjaga kebugaran tubuh dengan olahraga di rumah adalah salah satu cara supaya virus corona tidak berani mendekat. Mari kenali beberapa macam olahraga di rumah, yang bisa Anda lakukan.

Di gym, peralatan yang dibutuhkan untuk olahraga memang lengkap. Namun bukan berarti olahraga di rumah tidak bisa membuat Anda berkeringat layaknya di gym.

Jangan meremehkan olahraga selama masa darurat virus corona masih berlangsung. Seorang dokter bahkan menegaskan, olahraga adalah hal penting yang bisa dilakukan untuk mencegah diri Anda dari penyakit, salah satunya virus corona.

Menurut dokter tersebut, menghindari tempat-tempat yang ramai dikunjungi orang, seperti gym, adalah salah satu cara menghindari penyebaran virus corona.

Apalagi, berolahraga menjadi salah satu cara populer untuk memperkuat sistem imun tubuh kita. Apalagi di masa darurat virus corona ini, di mana Anda sangat memerlukan sistem kekebalan tubuh yang kuat.

Tips olahraga di rumah untuk cegah virus corona

Olahraga di rumah mungkin akan menjadi tantangan yang besar untuk Anda. Bayangkan saja, di tempat Anda sedang push-up, ada kasur yang siap direbahi. Pastinya, akan ada godaan-godaan yang membuat Anda jadi malas olahraga.

Baca juga: Ikuti Protokol Penanganan Corona Ini, Jangan Langsung ke RS Rujukan

Namun tenang saja, ada beberapa tips olahraga di rumah untuk cegah virus corona, yang bisa Anda lakukan:

  • Tantanglah diri Anda untuk berolahraga di rumah. Dengan merasa tertantang, motivasi untuk berkeringat dan bugar akan terus ada. Gunakanlah internet untuk mencari tahu gerakan-gerakan olahraga yang bisa dilakukan di rumah. Kalau perlu, cari instruktur olahraga online yang bisa membantu Anda
  • Carilah teman olahraga, bisa pasangan atau keluarga yang sedang ada di rumah
  • Buat jadwal olahraga yang membuat Anda bisa fokus dan berkomitmen dalam menjaga kebugaran
  • Tetapkan tujuan, seperti menurunkan berat badan 3-5 kg, selama olahraga di rumah. Dengan begitu, Anda jadi lebih semangat lagi dalam berolahraga.

Jangan ragu untuk berkeringat selama berada di rumah. Ingatlah, berolahraga bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda. Ingat, banyak virus yang bisa menyerang jikalau sistem imun lemah. Maka dari itu, rutinkan olahraga walau banyak gym yang sedang tutup.

sumber : https://www.sehatq.com/artikel/macam-olahraga-di-rumah-selama-gym-tutup-karena-virus-corona

Open chat
Need Help ?
Hi, can we help you ?